PPP Menyongsong Pemilu 2014 Lebih Optimis

19 Jan

JAKARTA, Pada waktu menjelang akhir tahun 2012, hasil Survei CSIS menempatkan PPP di atas PKS, PAN, PKB, Nasdem, dan Hanura. Survei dari Centre for Strategic and International Studies (CSIS) menemukan bahwa elektabilitas Partai Golkar di posisi teratas. Sementara, posisi kedua ditempati PDIP, dan menyusul Partai Demokrat pada urutan ketiga.

Peneliti CSIS, Philips Vermont, mengemukakan bahwa partai Golkar mendapat 18 persen suara, sementara PDIP 11,6 persen dan disusul partai Demokrat mendapat 11,1 persen. Sementara partai lainnya, seperti Gerindra mendapat 5,2 persen, PPP mendapat dukungan sebanyak 3 persen, PKB 2,8 persen, PKS 2,2 persen, PAN 2 persen.

Partai baru seperti Nasdem mendapat 1,6 persen. Perolehan Nasdem itu lebih tinggi dibandingkan dengan partai Hanura yang mendapat suara 1,5 persen.

Survei yang dilakukan pada 6-19 Juli 2012 di seluruh provinsi di Indonesia kecuali Papua. Wawancara tatap muka dilakukan di 32 provinsi, Papua saat itu dalam keadaan tidak kondusif, banyak penembakan dan lain-lain, secara statistik juga sangat kecil.

Survei ini dilakukan dengan jumlah sampel 1.480. Dengan margin error 2,55 persen dan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen. Pemilihan responden ini dilakukan secara acak bertingkat, mulai dari kelurahan, RT dan kepala keluarga. Dengan perbandingan sampel desa-kota sebanyak 50-50 persen sesuai dengan data BPS terbaru 2011.

Dengan data begitu PPP sangat optimis masuk 5 besar pada pemilu 2014 nanti. Beberapa waktu yang lalu Partai Persatuan Pembangunan (PPP) menggelar hari lahir (Harlah) ke-40. Peringatan hari lahir ke-40 PPP yang dipusatkan di GOR Jatidiri Semarang. Acara ini menjadi momentum untuk memperkokoh PPP sebagai rumah besar umat Islam.

Ketua Umum PPP Suryadharma Ali dalam pidato politiknya mengatakan, resepsi peringatan Harlah 40 Tema Harlah ke-40 PPP sengaja dipilih “Memperkokoh Rumah Besar Umat Islam” sebagai ekspresi akan kebutuhan kebersamaan dan keterbukaan PPP kepada seluruh komponen politik Islam.

Dengan tema tersebut, PPP mengajak seluruh komponen politik Islam yang masih terserak di berbagai tempat, untuk bersatu di bawah naungan panji-panji pemersatu umat Islam yaitu ka’bah yang mulia serta menjadi momentum untuk mengembalikan kepercayaan umat pada Pemilu 2014

Dipilihnya tempat harlah di Semarang, Jawa Tengah dimaksudkan untuk memastikan kesiapan struktur dan tim pemenangan PPP Jawa Tengah dalam  Pemilu 2014 mendatang. Untuk memastikan kesiapan seluruh struktur di semua tingkatan khususnya di Jawa Tengah, sebagaimana target lumbung suara PPP di Jatim, Jateng dan Jabar.

Di Jakarta sendiri peringatan harlah PPP berlangsung dengan cara yang sangat sederhana, hanya dengan potong tumpeng dan memberi santunan bagi 100 oranng anak yatim piatu. Tidak tampak para petinggi partai karena semua sedang sibuk pergi ke daerah menemui pemilihnya. Mereka hanya berdoa semoga PPP menang dalam pemilu 2014.

Setelah pengundian nomor urut di KPU pusat Jakarta, Senin siang, 7 Januari 2013, di peroleh nomor urut 9. hal ini merupakan salah satu keberuntungan bagi PPP karena semua partai sangat menginkan memperoleh nomor urut 9. Setelah itu tentu saja PPP langsung mencetak bendera partai beserta nomor urut 9 yang didapatnya, serta atribut partai lain seperti umbul-umbul dan segera di sosialisasikan kepada masyarakat.(***)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: